Manajemen
Manajemen merupakan proses perencanaan, kepemimpinan, koordinasi, pemanfaatan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
Pada hakikatnya, inti manajemen adalah sebagai berikut:
- Adanya pengelolaan sumber daya dalam suatu organisasi
- Adanya tujuan dalam organisasi
- Mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif
Efektifitas: Kemampuan memilih peralatan, cara, sumber daya, yang tepat untuk mencapai tujuan yang ditetapkan berdasarkan tingkat pencapaian hasil yang diharapkan.
Efisiensi: Kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang benar dengan mempertimbangkan tingkat pengorbanan dari suatu peralatan yang digunakan, cara, tahap yang ditempuh, untuk mencapai tujuan tersebut.
Pengelolaan Organisasional
Dalam mengelola organisasi, setidaknya ada beberapa elemen penting yang mendasari manajemen organisasi tersebut.
Perencanaan (Planning)
Perencanaan merupakan proses merumuskan keputusan yang spesifik (yang dikehendaki manager bagi organisasinya). Dalam perencanaan, ditetapkan sasaran dan bagaimana membuat cara-cara yang detail untuk mencapai sasaran tersebut.
Pentingnya membuat Planning:
- Memberi arah sasaran yang akan dicapai perusahaan kedepannya
- Memfokuskan usaha ke arah sasaran yang akan dicapai
- Sasaran berfungsi sebagai pedoman rencana dan membuat keputusan
- Membantu mengevaluasi keemajuan organisasi
Berbagai bentuk Planning:
- Strategic Planning: Untuk menetapkan goal jangka panjang organisasi
- Tactical Planning: Untuk menentukan tujuan jangka pendek di lingkungan lapangan kerja
- Operational Planning: Perencanaan supervisor standar pelaksanaan aktivitas organisasi
- Contingency Planning: Perencanaan backup/cadangan apabila timbul permasalahan yang tidak terduga
Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian merupakan tindakan mengumpulkan, mengkoordinasikan manusia, keuangan, barang fisik, hal informasi, dan sumber daya yang lainnya untuk membantu mencapai tujuan organisasi.
Contoh level organisasi:
- Top Management: President, Vice president
- Mid Management: Plan manager, Division Head, Branch Manager
- Supervisory Management: Supervisor, Section header
- Non supervisor: Employees
Pelaksanaan (Actuating)
Merupakan fungsi dari manajemen yang meliputi merekrut, memotivasi, mempertahankan orang terbaik untuk mencapai tujuan organisasi. Sumber daya manusia ditempatkan di posisinya yang tepat dengan menimbang keterampilan khusus milik mereka.
Pengawasan (Controlling)
Merupakan kegiatan mengawasi jalannya struktur organisasi, meliputi beberapa hal:
- Membangun standar pelaksanaan yang jelas
- Memonitori kegiatan perusahaan
- Membandingkan hasil dan standar yang ditetapkan
- Mengkomunikasikan hasil perusahaan
- Refleksi dan mengambil tindakan yang benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar