Jumat, 05 Agustus 2016

Jenis-jenis Shot dan Sudut Pengambilan Gambar Kamera

Jenis-jenis Shot dan Sudut Pengambilan Gambar Kamera

Mata Kuliah: Pengantar Film
Dosen: Helena Rebecca T.



Extreme Wide Shot atau Extreme Long Shot
Tipe shot yang menampilkan keseluruhan gambar secara luas. Jenis shot ini biasanya digunakan untuk menunjukkan latar dan suasana dimana adegan terjadi. Dalam EWS, subyek film terkadang hampir tidak tampak dalam visual karena penggunaan sudut pandang lebar yang ekstrim.

Establish Shot
Jenis shot ini tidak dilihat berdasarkan skala pengambilan gambarnya, namun dilihat dari fungsinya. Establish shot berfungsi untuk menunjukkan latar tempat di mana suatu peristiwa terjadi dengan menampilkan keseluruhan pemandangan atau suatu tempat. Extreme wide shot dan wide shot merupakan contohnya.



Very Wide Shot atau Very Long Shot
VWS merupakan tipe shot yang sangat luas, namun tidak lebih luas jika dibandingkan dengan EWSPengambilan gambar dalam VWS memungkinkan untuk menunjukkan subjek film dalam frame, namun belum ada penekanan. VWS masih digunakan untuk membangun suasana lingkungan dimana subyek film berada.

Wide Shot, Long Shot, Full Shot, atau Total Shot
Pengambilan gambar jenis ini menunjukkan subjek dari ujung kaki hingga kepala secara penuh. Subjek sudah dapat diidentifikasikan dengan jelas karena telah masuk ke dalam frame gambar meskipun masih terdapat jarak diatas kepala dan dibawah kaki. Penggunaan jarak diatas dan dibawah subyek tersebut digunakan sebagai ruang aman agar lebih nyaman untuk dilihat.

Medium Shot
MS merupakan tipe shot yang menunjukkan beberapa bagian dari subjek secara lebih rinci, misalnya dari baian sebatas pinggang sampai atas kepala. MS masih memberikan ruang keleluasaan subyek dalam bergerak, yang berfungsi untuk menunjukkan aktivitas, reaksi, dan emosi subjek.

Kneel Shot
Kneel Shot hampir sama fungsinya seperti MS namun kneel shot menampilkan hanya sebatas dari lutut hingga kepala dari obyek manusia.

Medium Close Up
MCU merupakan jenis shot yang biasanya menampilkan visual dari sebatas dada hingga kepala. Jenis shot ini digunakan untuuk menunjukkan wajah subjek dan ekspresi atau emosi yang ditunjukkan secara lebih jelas.

Close Up
CU memfokuskan pengambilan gambar pada bagian kepala subjek. Jenis shot ini digunakan untuk menekankan keadaan emosional subyek sehingga penonton dapat merasakan emosi yang diutarakan oleh subjek. Close up juga berguna untuk menampilkan detail dan dapat digunakan sebagai cut-in.

Extreme Close Up
ECU merupakan tipe shot untuk menampilkan detail objek, misalnya mata, hidung, atau telinga. Melakukan ECU perlu pertimbangan khusus, hal ini jarang sekali dilakukan apabila tidak ada alasan yang kuat.

Cut-In
Cut-In adalah tipe shot yang mengambil khusus beberapa bagian dari subjek secara rinci. Tipe shot ini biasa digunakan untuk menekankan suatu visual atau suatu aktivitas. Contohnya seperti gerakan tangan, gerakan kaki, gerakan antusias, gelisah.

Cutaway
Cutaway adalah jenis shot yang digunakan untuk membangun situasi, penguat suasana shot dan menambah informasi tertentu tentang subyek melalui bahasa visual. Subjek yang ditampilkan bisa berbeda, misalnya hewan kesayangan milik subyek, bagian yang berbeda dari subjek misalnya properti milik subyek, atau apa pun.

Two Shot
Two Shot menampilkan dua orang dalam satu frame kamera, tipe shot ini dapat digunakan untuk membangun hubungan antara subjek satu dengan lainnya, seperti interaksi dan komunikasi antara dua subjek, dan gerakan kedua subjek dalam gambar. Contohnya seperti dua presenter sedang membawakan acara ataupun memperkenalkan dua orang secara bersamaan.

Over the Shoulder Shot 
Jenis shot ini dilakukan untuk menampilkan dua subyek, namun pengambilan gambar dilakuakan dari belakang bahu salah satu subyek. Orang yang dihadapi subjek biasanya menempati sekitar sepertiga dari keseluruhan frame. Tipe shot ini biasa digunakan dalam sebuah percakapan dua subyek, Framing gambar bisa dilakukan bergantian sehingga visual dapat terlihat dinamis.

Group Shoot
Pengambilan gambar yang menunjukkan sekumpulan objek. Misalnya seperti menunjukkan adegan sekelompok orang dalam melakukan aktifitas.

Point-of-View Shot POV adalah tipe shot yang menunjukkan sesuatu dari sudut pandang subjek, dalam hal ini fungsi kamera sebagai mata subjek.



Jenis-Jenis Sudut Pengambilan Kamera

High Angle atau Bird Eye View
Posisi kamera lebih tinggi dari obyek yang diambil.

Normal Angle
Posisi kamera sejajar dengan ketinggian mata obyek yang diambil.

Low Angle atau Frog Eye View
Posisi kamera lebih rendah dari obyek yang diambil.

Objektif Kamera
Tehnik pengambilan di mana kamera menyajikan sesuai dengan kenyataannya.

Subyektif Kamera
Tehnik pengambilan di mana kamera berusaha melibatkan penonton dalam peristiwa. Seolah-olah lensa kamera sebagai mata si penonton atau salah satu pelaku dalam adegan.


Jenis-jenis Gerakan Kamera


Panning
Panning adalah gerakan kamera secara horizontal sedangkan posisi kamera tetap di tempat. Kamera digerakkan dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
Pan right : gerak kamera mendatar dari kiri ke kanan.
Pan left : gerak kamera mendatar dari kanan ke kiri.

Tilting
Tilting adalah gerakan kamera secara vertikal sedangkan posisi kamera tetap di tempat. Kamera digerakkan dari atas ke bawah atau sebaliknya.
Tilt up : gerak kamera secara vertikal dari bawah ke atas.
Tilt down : gerak kamera secara vertikal dari atas ke bawah.

Tracking
Track adalah gerakan kamera mendekati atau menjauhi obyek.
Track in : gerak kamera mendekati obyek
Track out : gerak kamera menjauhi obyek
 
Pedestal
Pedestal adalah gerakan kamera di atas pedestal yang bisa dinaik turunkan. Sekarang ini banyak digunakan Porta-Jip Traveller.
Pedestal up : kamera dinaikan
Pedestal down : kamera diturunkan
Degan menggunakan teknik pedestal up/down kita bisa menghasilkan perubahan perspektif visual dari adegan.

 Zoom
Zooming adalah gerakan lensa zoom mendekati atau menjauhi obyek secara optic, dengan mengubah panjang focal lensa dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebar atau sebaliknya.
Zoom in : mendekatkan obyek dari long shot ke close up, sehingga objek tampak lebih besar
Zoom out : menjauhkan obyek dari close up ke long shot, sehingga objek tampak lebih kecil

Crab
Gerakan kamera secara lateral atau menyamping, berjalan sejajar dengan subyek yang sedang  berjalan.
Crab left: bergerak ke kiri
Crab right: bergerak ke kanan

Follow
Gerakan kamera mengikuti objek yang bergerak.

Crane
Crane adalah gerakan kamera di atas katrol/roda crane.

Dolly
Kedudukan kamera di tripod dan diatas landasan rodanya.

Arc
Arc adalah gerakan kamera memutar mengitari obyek dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar