Kamis, 29 Desember 2016

Segmentasi Pasar Perusahaan Media

Hizkia Dwiatmaja
Mata Kuliah: Manajemen Media Massa


Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah pengelompokan para target konsumen atau pembeli berdasarkan perbedaan kebutuhan, perilaku, maupun karakteristik yang berbeda dalam suatu pasar. Dengan membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda, maka setiap kelompok dapat ditargetkan untuk memasarkan produk sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pembeli dalam pasar tersebut. Fokus segmentasi pasar adalah untuk membagi pasar heterogen menjadi kelompok yang homogen.



Manfaat Segmentasi Pasar

Berikut beberapa manfaat membagi pasar yang luas menjadi segmen-segmen:

1. Pasar lebih mudah dibedakan
Perusahaan cenderung mencari kelompok konsumen yang homogen untuk memudahkan memahami selera kebutuhan konsumen dan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan serta minat konsumen. Pasar yang heterogen akan menyulitkan perusahaan untuk terus mengikuti dan memenuhi seluuh keinginan konsumen yang begitu beragam.

2. Strategi pemasaran yang lebih efektif
Dengan melayani pasar yang bersifat homogen, maka dalam menyusun strategi pemasaran, perencanaan produk, harga, distribusi, dan promosi akan lebih terasrah. Selain itu, pelayanan yang diberikan akan turut lebih baik dan mudah.

3. Faktor penentu produk
Dengan memahami suatu keebutuhan pada segmen pasar, maka perusahaan dapat mendesain produk sesuai dengan kebutuhan segmen tersebut.

4. Melihat kompetitor
Dengan mengetahui segmen yang menjadi target perusahaan, perusahaan juga dapat melihat siapa saja yang menjadi perusahaan saingan yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Dengan begitu, perusahaan dapat melihat aktivitas apa yang dilakukan oleh perusahaan saingan untuk menarik perusahaan pasar dan kemudian mengevaluasi strategi pemasaran perusahaan sendiri dalam memenuhi kebutuhan suatu segmen pasar.

5. Evaluasi target dan rencana bisnis
Setelah mengetahui karakteristik segmen pasar, maka perusahaan akan lebih mudah melakukan evaluasi atas keefektifan kegiatan pemasaran yang dilakukan selama periode tertentu. Perusahaan juga dapat mempelajari kekurangan dari strategi yang telah berjalan untuk membuat perencanaan yang lebih baik kedepannya.


Melakukan segmentasi pasar dan analisis pasar



Dalam mulai mengidentifikasikan segmen pasar, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Survei
Pertama-tama perlu dilakukan sebuah riset pasar untuk mengumpulkan data kepada target segmen pasar. Data tersebut berguna untuk memahami karakteristik, kebutuhan, minat, sikap, motivasi, ataupun perilaku konsumen. Survei dapat dilakukan dengan mengumpulkan data-data maupun riset langsung seperti wawancara. Dalam perusahaan media massa, data-data dapat berupa jumlah khalayak yang memiliki televisi, jumlah khalayak yang buta huruf, pekerjaan, dan lain-lain. Sedangkan dalam survei langsung seperti wawancara bisa dalam bentuk kuisioner.

2. Analisis
Setelah data-data didapat, perusahaan menyusun strategi pemasaran dan metode-metode yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mencapai keuntungan. Analisis juga diunakan untuk mengetahui jumlah maksimum segmen yang berbeda untuk membuat perencanaan bisnis.

3. Pembentukan
Pada tahap ini dibuat kelompok-kelompok berdasarkan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikologis, dan geografis. Perusahaan memilih segmentasi yang tepat sebagai targetnya, dari sifat dominan yang ditemukan pada kelompok tersebut. 


Jenis Segmentasi Pasar



Umumnya, terdapat pembagian kategori dalam mengadakan segmentasi pasar yaitu:

1. Segmentasi berdasarkan geografis
Pada segmentasi ini, kalompok pasar dibagi berdasarkan wiilayah geografis seperti negara, desa, kota, atau lingkungan. Perusahaan akan menargetkan daerah yang dipandang menguntungkan atau memiliki potensi.

2. Segmentasi berdasarkan demografis
Pembagian kelompok pasar ini ditentukan berdasarkan pembagian karakteristik masyarakat seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi.

3. Segmentasi berdasarkan psikografis
Menelaah psikologis pada konsumen segmen demografis tertentu, seperti kesukaan konsumen, motivasi, atau bagaimana konsumen merespon pada suatu stimuli pemasaran.

4. Segmentasi berdasarkan sosiokultural
Segmentasi sosiokultural membagi pada elemen sosial dan budaya, seperti jenis budaya, kelas sosial, daur hidup keluarga, dan lain-lain.


2 komentar:

  1. Hanya ada dua tulisan tentang manajemen media massa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tulisan mengenai manajemen media massa ada di label "manajemen" pak, disini: http://mikazestory.blogspot.co.id/search/label/Manajemen
      total saya sudah ada buat 5 postingan sejak sebelum UTS. Terima kasih.
      Hizkia D.

      Hapus